Belajar Microsoft Word 2013 part II



Okeh hari nini saya akan lanjutkan pos saya yang kemarin. Sebelumnya saya ingin membahas tentang kelebihan dari aplikasi pengolah kata Microsoft Word 2013 , yaitu;
  1. Pengoprasian yang sangat mudah, simple dan tampil dengan modus sama wysiwyg (what you see is what you get)
  2. Nikamati membaca dengan tampilan memperlihatkan dokumen kamu dalam kolom mudah di baca di layar
  3. Bisa memilih theme sesuka anda dengan motif keren
  4. Kamu bisa menonton video online langsung di Microsoft Word, tanpa harus menutup dokumen sehingga anda bisa fokus pada konten tersebut
  5. Menyimpan dan berbagi file dengan account Skydrive atau SharePoint.
  6. Tampilan antarmuka baru dan simple
  7. Edit file PDF atau membuka file PDF 
  8. Mulai dengan berbagai tempalte menarik( saat baru memulai Word 2013 kamu akan disuguhi oleh berbagai template menarik :))
  9. Panduan tata letak dan perataan langsung



  1. Title Bar, tempat nama dokumen.
  2. Quick Access Toolbar, merupakan kolom berisikan icon-icon shortcut yang sering digunakan
  3. Tab Menu, bagian yang berisikan nama-nama kategori dari Ribbon dengan dengan pengelompokan berdasarkan kategori fungsi maupun jenis perintah dalam melakukan pekerjaan.
  4. Files Tab, Files ini merupakan pengganti dari OFFICE button di MS.OFFICE 2007 yang fungsinya sama juga sama Files Tab berisi opsi Info, New, Open, Save, Save As,  Print, Share, Export, Close, | Account dan Options.
  5. Help, tombol untk mengaktifkan fasilitas bantuan
  6. Sig in, berguna untuk log in di account Microsoft anda
  7. Ribbon, berisikan berbagai tombol perintah sesuai dengan kategori tab menu masing-masing.
  8. Vertical Scroll Bar, berguna untuk untuk menggeser dokumen keatas dan kebawah.
  9. Slider Zoom, digunakan untuk membesarkan - kecilkan tampilan dokumen.
  10. Horizontal Ruller, Digunakan sebagai penanda posisi lebar kertas dokumen serta dapat mengatur identasi, tab stop, margin kiri dan kanan.
  11. Vertical Ruller, Digunakan sebagai penanda posisi tinggi kertas serta dapat digunakan untuk mengatur margin atas atau margin bawah.
  12. Horizontal Scroll Bar, berguna untuk menggeser dokumen kekiri atau kekanan 
  13. Status bar, menunjukan status dari dokumen seperti  ; jumlah halaman, jumlah kata dan lain-lain.
*. Document area, merupakan kertas kerja yang akan digunakan dalam aplikasi pengolah kata                          Microsoft Word 2013

Opsi dan Kegunaan dari Masing-Masing Opsi Dari File Tab

  1. Info, memberi Informasi dari dokumen yang kita buat, memberi password untuk dokumen dan mengecek isi dokumen
  2. New berguna untuk membuat dokumen baru.
  3. Open, untuk membuka dokumen
  4. Save, menyimpan dokumen
  5. Save As, menyimpan dokumen dengan nama atau jenis file yang berbeda
  6. Print. mencetak dokumen dengan berbagai opsi pencetakan
  7. Share, berbagi dokumen dengan orang-orang atau berbagi ke email, post keblog, atau presentasi online dan kamu bisa menyimpan dokumen ke Cloud
  8. Export, mengganti jenis atau type dokumen dan membuat PDF / XPS
  9. Close, menutup dokumen
  10. Account, mengatur account atau tema di Microsoft Office
  11. Option, berisi berbagai pengaturan untuk Microsoft Word
Sekian dulu post saya mengenai Belajar Microsoft Word 2013 part II

Komentar