Mengenal Android Open Source Project (AOSP)

Hari ini Saya akan Membahas tentang Android Open Source Project atau biasa di singkat AOSP. Android open source merujuk pada hal dimana source code(Sumber Kode) dari dan untuk android bisa di unduh bebas oleh siapapun dan secara bebas di modifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Sedangkan pegertian sendiri dari Open Source menurut id.wikipedia.org 

Open source (Sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasiinternet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Contoh ponsel android yang memakai android open source
Nokia X (Normandy). Sekilas tampilan UI-ny mirip dengan Windows Phone ya?


 Nokia X ini mempunya versi platform perangkat lunak Nokia X 1.0 dan sistem operasi Perangkat Lunak Nokia X dengan type pembaruan FOTA (Firmware update Over The Air)
Spesifikasi dari Website Nokia
Processor-Qualcomm Snapdaragon S4 Dual Core 1.2 Ghz
RAM-512
Penyimpanan 4GB, MicroSD maksimal 32GB
Resolusi layar-WVGA (800x400) 4 "
Sensor-Sensor Cahaya Sekitar, Akselerometer, Sensor Jarak,,Canggih kan.. :)
Kamera-3MP
Baterai-1500mAh

Komentar