Download Emulator Nintendo DS Untuk PC

Nintendo DS
Nintendo DS Versi Pertama
Sebelumnya admin Alung Gopal sudah memposting tentang Emulator PSP untuk android dan beberapa Emulator lain .
NDS atau Nintendo Dual Screen adalah konsol genggam yang dirilis Nintendo setelah suksesnya GBA (Game Boy Advance). Bentuk nintendo DS mengikuti GBA SP dengan tambahan touchpad di antara tombol arah dan tombol action (A,B,X,Y)-nya. NDS mempunyai slot untuk game GBA. NDS juga sudah dilengkapi dengan WiFi sehingga dapat terhubung dengan internet atau sesama pengguna NDS lainnya.


GBA SP
GBA SP
Nintendo DS seri terbaru
Nintendo DS sudah beberapa kali mengalami pengembangan, dari versi pertamanya yaitu Nintedo DS, Nintendo DS Lite, Nintendo DSi, Nintendo DSi XL, Nintendo 3DS, Nintendo 3DS XL, dan versi terbarunya Nintendo 2DS. Dari versi Pertama NDS dikembangkan menjadi NDS Lite yang memiliki bentuk lebih ramping dan dikembangkan lagi menjadi NDSi. Terjadi peningkatan yang signifikan pada Nintendo DSi seperti adanya kamera, memory bertambah, processor lebih kencang dengan 133 MHz ARM9 dan adanya slot untuk SD card sehingga penyimpanannya dapat ditambah, tetapi slot untuk game GBA dihilangkan dan layarnya diperbesar pada Nintendo DSi XL. Nintendo 3DS dapat memainkan game dangan gambar 3D, dan layarnya semakin diperbesar pada Nintendo 3DS XL.

Versi terbaru Ninetndo DS yaitu Nintendo 2DS dapat memainkan game-game Nintendo 3DS tanpa dukungan gambar 3D. Harga Nintendo 2DS lebih murah dan bentuknya pun berbeda dari "saudara-saudaranya", yaitu tidak bisa dilipat.

Okelah, sampai disini sekilas penjelasannya. Jika berminat mencoba NDS anda dapat memainkannya di PC dengan emulator. Emulator NDS yang pernah saya coba ada dua yaitu No$GBA dan DeSmuME. Kedua emulator ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. DeSmuME dapat menghasilkan warna yang lebih cerah saat memainkan game tetapi frame rate tidak stabil sehingga menyababkan game tidak nyaman atau lambat saat memainkan game dan tidak perlu plugin untuk fullscreen. sementara pada No$GBA warnanya lebih pucat tetapi frame ratenya stabil. Selain dapat memainkan game NDS, No$GBA juga dapat memainkan game GBA. No$GBA tidak dapat dimainkan fullscreen tetapi bisa dengan No$Zoomer yang bisa didownload di SINI
Untuk Emulatornya bisa didownload versi terbaru di website resmi No$GBA dan DeSmuME
Ada juga emulator yang NDS yang sudah dikumpulkan menjadi satu software yaitu WinDS PRO, berhubung koneksi lambat dan file yang lumayan berat bagi kami, WinDS PRO bisa didownload di website ini. Kalo bisa ditranslate dulu websitenya ke bahasa Inggris atau bahasa Indonesia karena websitenya bahasa Spanyol.
Sekian, semoga bermanfaat.


Komentar

Posting Komentar