Pengertian Kecepatan Akses Internet

Menurut WikipediA, Kecepatan Akses Internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan melalui jalur internet. Internet di bagi menjadi dua macam yaitu Downstream, dan Upstream. Pengertian dari Downstream adalah kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Contohnya, saat kita mengakses browsing dan membuka website, sedangkan Upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Dowstream dan upstream memiliki kecepatan transfer data yaitu bps atau bit pers sekon, artinya jumlah bit dari komputer ke komputer lain per detiknya. Dengan 1 byte = 8 bit.

Adapun komponen yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet seperti:

  1. CPU
    Jika kita biasanya melihat 32 bit pada PC artinya jumlah CPU memproses data 4 bit data tiap waktu, inilah yang dapat mempengaruhi kecepatan internet.
  2. RAM (Random Access Memory)
    Jumlah RAM (Random Access Memory)  sangat mempengaruhi untuk kecepatan sistem, baik mengakses internet ataupun tidak mengakses internet.
  3. Chache Memory
    Misalnya kita membuka sebuah website dan pada awalnya sangat lama lalu saat kita membuka untuk kedua kalinya pasti lebih cepat bukan?, nah disitulah Chache Memory Bekerja, jadi Chache Memory adalah memori berkecepatan tinggi yang menyimpan data dan instruksi terkini yang sudah diload oleh CPU.
Untuk menghitung Kecepatan akses internet kita dapat mengeceknya dengan mengunjungi website penyedia pengecek kecepatan internet, seperti SpeedTest.net, Auditmypc.com, dan CNET.com.

Nah dari situ kita mengetahui betapa pentingya Akses Internet, dari kecepatan internet, Indonesia berada pada peringkat ke-101 rata-rata dengan kecepatan rata-rata 2,5 Mbps. Dengan peringkat pertama Korea Selatan.
inet.detik.com


Hmmmm... kapanya internet di Indonesia cepet?


-____-BTW, semoga bermanfaat.... :D

Komentar

  1. Indonesia kecepatan akses internet sangat miris, untung mentri nya bukan itu lagi sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya intenet kita kecepatannya meningkat dari 24,6 Mbps menjadi 25 Mbps, tapi peringkat indonesia malah melorot karena negara lain juga menigkat lebih cepat, semoga aja menkominfo yang baru, bisa kerja lebih baik dari yang sebelumnya =D

      Hapus

Posting Komentar