Jenis Jenis Blog




Blog merupakan sebuah aplikasi web yang berisi beragam tulisan, catatan, artikel yang diposting secara online dan bersifat terbuka. Semakin bertambahnya jumlah blog dengan beragam tema yang bermunculan setiap hari membuat perlunya sebuah penggolongan dan kategorisasi. Sebagai salah satu sebuah media di dunia maya (#internet) yang informasinya banyak dibutuhkan orang, blog yang awalnya berupa blog gratis (Blogspot.com dan WordPress.com) kini telah berkembang menjadi banyak bentuk dan variasi.

Kini blog yang ada telah memiliki dunianya sendiri, punya karakter khas dan pembahasannya tersendiri. Lalu apa saja jenis blog yang ada dan sudah berkembang tersebut? Berikut ulasan singkatnya.


A. Blog Berdasarkan Platformnya


1. Blog Gratis (Free Blog)


Blog gratis adalah blog disediakan gratis oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, baik itu subdomain dan juga hostingnya. Blog ini memiliki ciri khas pada pencantuman nama pihak ketiga pada nama blog yang telah dibuat, misalnya nevadacheaters.blogspot.com  Penyedia layanan blog gratis yang sangat populer saat ini adalah Blogspot, WordPress, Tumblr dan lain sebagainya.


2. Self-Hosting Blog


Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri, dan pemilik blog membayar layanan tersebut. Biasanya self-hosting blog ini dimiliki oleh blogger profesional dan juga para internet marketer. Contoh self-hosting blog adalah Radityadika.com, Ndorokakung.com, StartupBisnis.com, bursanaruto.net, dan lain sebagainya.

3. Micro Blog


Micro blog adalah blog yang kontennya ditulis dengan jumlah karakter yang terbatas, dan tak sebanyak dari jenis blog yang lainnya. Contoh micro blog adalah #Twitter.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)


Corporate blog adalah blog yang berada dalam website sebuah perusahaan yang berisi beragam konten seperti berita seputar perusahaan atau balasan keluhan pelanggan.


5. Citizen Journalism Blog


Citizen journalism blog adalah blog yang ditulis oleh warga masyarakat (bukan jurnalis profesional) dan disediakan oleh pihak media tertentu. Contohnya adalah Kompasiana, Blogdetik, dan lain sebagainya.

B. Blog Berdasarkan Konten / Isinya


1. Niche Blog


Niche blog adalah blog yang ditulis oleh seseorang dengan tema-tema tertentu atau spesifikasi topik yang khusus. Contoh niche blog adalah blog Fashion, blog Bisnis, blog Pendidikan, blog Kesehatan, blog Teknologi dan lain sebagainya. Salah satu niche blog yang cukup terkenal adalah Female Daily.

2. General Blog


General blog adalah blog yang berisi bermacam-macam tema atau topik yang bersifat umum. Bisa saja general blog ini membahas berbagai macam topik sekaligus karena memiliki beberapa penulis yang menyukai/ menguasai topik yang berbeda-beda.

C. Blog Berdasarkan Tujuannya


1. Personal Blog


Personal blog adalah blog yang berisi macam-macam konten dan informasi berdasarkan pendapat si pemilik blog. Personal blog umumnya dibuat dengan tujuan sebagai media berekspresi atau media curahan hati. Contoh personal blog adalah Asepsandro.blogspot.com.

2. Personal Branding Blog


Personal branding blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan berpromosi dan meningkatkan nama si penulis agar dikenal orang banyak. Biasanya blog personal branding memiliki gaya bahasa yang formal atau semi formal. Contoh blog personal branding yang cukup terkenal adalah JokoSusilo.com, JohnChow.com, dan lain-lain.

3. Monetisasi Blog


Monetisasi blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan memperoleh pendapatan atau uang. Biasanya blog seperti ini sangat mengandalkan faktor SEO untuk membuat banyak pengunjung berdatangan. Blogger di Indonesia banyak sekali menerapkan monetisasi blog, biasanya mereka menjadi publisher Google Adsense untuk menghasilkan uang dari blognya tersebut.


4. Catalog Blog


Catalog blog adalah blog yang berisi beragam informasi sebagai bahan rujukan atau referensi. Blog ini disajikan seperti sebuah katalog yang diperuntukkan bagi siapa saja yang mengaksesnya.

D. Blog Berdasarkan Formatnya


1. Vlog


Vlog adalah blog yang hanya berisi konten video. Salah satu contoh Vlog yang cukup terkenal di internet adalah www.youtube.com/user/vlogbrothers.

2. Blog Copy Paste


Blog Copy Paste adalah blog yang isinya diambil dari blog lain dengan cara copy paste. Blog seperti ini biasanya dimiliki oleh blogger yang malas atau tidak memiliki kreatifitas dalam membuat konten sendiri. Uniknya, ternyata ada juga blog perusahaan yang menerapkan cara seperti ini, contohnya Digitalpromosi.com, semua artikel di blog ini adalah hasil copy paste dari blog orang lain.

3. Sketchblog


Sketchblog adalah blog yang formatnya berisikan kumpulan hasil portofolio seseorang. Contoh Sketchblog adalah Kristen’s Sketchblog (Kristens-sketchblog.blogspot.com).

4. LinkLog


Linklog adalah blog yang hanya berisi kumpulan link. Contoh linklog adalah Jennifer’s LinkLog.

5. Photoblog / Phlog


Photoblog /Phlog adalah blog yang berisi khusus konten foto. Contoh Photoblog adalah Kathleen Connaly’s Photoblog (www.durhamtownship.com)

6. Audioblog


Audioblog adalah blog yang berisi isi utamanya berupa file musik yang bisa didownload secara bebas.

7. Tumbleblogs


Tumbleblogs adalah blog yang berisi text pendek dan beberapa konten dari media. Contoh Tumbleblogs adalah Poetsch.org Tumbleblogs.

8. Typecasting Blog


Typecasting blog adalah blog yang berisi kumpulan tulisan tangan, notes atau ketikan mesin tik yang discan. Contoh Typecasting blog adalah type-ten.com.

9. Blog iklan baris


Blog iklan baris adalah blog yang berisi kumpulan iklan baris. Blog iklan baris ini banyak sekali kita temukan di internet. Sayangnya banyak sekali blog iklan baris dimanfaatkan oleh spammer untuk promosi sehingga konten terkesan sembarangan. Salah satu blog iklan baris yang cukup terkenal adalah PasangIklan.co.id.

10. Splog


Splog adalah blog yang berisi beragam iklan. Splog biasanya juga disebut sebagai spam blog. Jenis blog seperti ini sangat banyak dimiliki oleh para spammer di Indonesia.

Dari beberapa jenis blog yang sudah disebutkan di atas, jenis blog seperti apa yang Anda miliki saat ini? Semoga blog Anda memberikan manfaat bagi orang lain dan bukan hasil copy paste dari blog orang lain

Komentar